Translate

Tuesday 22 April 2014

Welcome To Banda Aceh

Banda Aceh merupakan Ibu Kota Provinsi yang berada di ujung barat Indonesia, tepatnya berada pada posisi 5O33’LU 95O19’BT / 5,55OLU 95,317OBT. Sejarah mencatat Banda Aceh sebagai salah satu Ibukota kerajaan Islam terbesar di Nusantara sekaligus pusat pendidikan, perdagangan, dan juga sebagai kota transit pelayaran Internasional.
Banda Aceh memiliki banyak sekali objek wisata, baik itu wisata sejarah, wisata religi, wisata tsunami dan lain sebagainya. beberapa tempat wisata yang ada di Banda Aceh akan coba admin sajikan berikut ini, semoga tulisan ini bisa memberikan informasi bagi para pengunjung dan wisatawan tentang beberapa tempat wisata yang ada di Banda Aceh.
1.       Masjid Raya Baiturahman
“Nye golom troh u Mesjid Raya, beurarti sama sit golom troh u Banda Aceh” (Kalau belum ke Masjid Raya, Berarti sama saja belum pernah ke Banda Aceh), itulah sepenggal kalimat yang menunjukkan bagaimana hebatnya bangunan yang berada di pusat Kota Banda Aceh ini. Ya, Masjid Raya baiturahman merupakan salah satu ikon kebanggaan provinsi aceh, bangunan penting bagi rakyat Aceh ini khususnya yang beragama Islam merupakan salah satu bangunan yang menjadi saksi bisu panjangnya sejarah Aceh dari masa kejayaan kerajaan Islam dulu hingga sekarang ini.
Sejarah menyebutkan Masjid Raya Baiturahman dahulunya merupakan masjid kesultanan aceh yang dibangun pada masa pemerintahan Iskandar Muda pada tahun 1022 H/1612 M. Dalam sejarahnya Masjid Raya Baiturahman pernah terbakar akibat penyerangan yang dilakukan oleh tentara belanda pada tahun 1290 H/1873 M. pada tahun 1879 M Masjid Raya Baiturahman kembali dibangun dan selesai dibangun pada tahun 1882 M yang pada saat itu hanya memiliki satu kubah. Dalam perjalanannya Masjid Raya terus dibangun dan diperluas, kini Masjid Raya memiliki 7 Kubah, 4 menara, dan 1 menara induk.
Masjid Raya Baiturahman saat hanya memiliki satu kubah

Masjid Raya Baiturahman sekarang

Menara induk Masjid Raya Baiturahman


2.       Mesium Tsunami
Mesium Tsunami adalah sebuah bangunan yang dibangun sebagai monument simbolis untuk mengenang bencana gempa dan tsunami yang terjadi pada hari minggu tanggal 26 Desember 2004. Gedung ini selain berfungsi sebagai mesium juga berfungsi sebagai tempat pusat pendidikan dan juga sebagai tempat perlindungan darurat apabila tsunami kembali terjadi.
Ketika anda mulai memasuki gedung ini anda akan melewati ruangan panjang seperti sebuah terowongan gelap, yang dikedua sisi ruangan terdapat air yang mengalir pada dinding ruangan. Setelah melewati ruangan tersebut akan akan menjumpai ruangan yang sering disebut dengan The Light of God, di ruangan yang berbentuk cerobong ini anda akan melihat banyak nama-nama para korban bencana tsunami dan juga pada ujung cerobong terdapat lafaz Allah. Selain itu anda juga akan merasakan sedikit seperti pusing atau goncangan ketika akan menuju jembatan harapan. Di gedung ini anda juga akan menyaksikan berbagai benda peninggalan pada saat musibah tsunami terjadi.
Gedung Mesium Tsunami

Ruangan Ligth Of God

Miniatur saat terjadi bencana tsunami




3.       PLTD Apung
Bencana besar yang terjadi pada minggu 26 Desember 2004 banyak sekali meninggalkan cerita bagi Aceh dan seluruh masyarakatnya, salah satu bukti tentang bagaimana dahsyatnya tsunami kala itu adalah PLTD Apung yang berukuran besar yang terdampar di Kampung Punge Blang karena terbawa oleh ombak yang saat itu menghantam Banda Aceh. Tempat terdamparnya PLTD apung ini sekarang sudah dikembangkan menjadi tempat wisata Tsunami, di sini para pengunjung bisa menaiki PLTD Apung hingga ke lantai paling atas, di lantai atas juga sudah dipasang bebera teropong yang bisa digunakan pengunjung untuk melihat-lihat daerah sekitar.
PLTD Apung

Perkampungan Sekitar PLTD Apung dilihat dari atas PLTD Apung 

Pengunjung menggunakan teropong melihat daerah sekitar

Monumen yang dibangun untuk mengenang peristiwa Tsunami


4.       Mesium Rumah Aceh
Berbicara tentang wisata Aceh, salah satu hal yang harusnya tidak boleh dilewatkan oleh para wisatawan adalah Mesium Rumah Aceh, Gedung utama mesium ini merupakan sebuah rumah yang dibangun menyerupai rumah tradisional masyarakat Aceh, serta setiap ruangan ditata agar bisa menggambarkan fungsi dari tiap-tiap ruangan yang ada pada rumah tradisional ini. Selain bangunan yang berbentuk rumah tradisional ini para wisatawan juga bisa melihat berbagai barang peninggalan sejarah aceh yang terdapat pada gedung-gedung yang ada didalam komplek mesium rumah aceh tersebut.
Mesium Rumah Aceh
Salah satu enda peninggalan sejarah di Mesium Rumah Aceh


5.       Taman Putroe Phang
Taman Putroe Phang merupakan sebuah taman yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda untuk permaisurinya (Putroe Phang) yang berasal dari Kerajaan Pahang. Putroe phang adalah putri raja yang dibawa oleh Sultan Iskandar Muda setelah Kerajaan Pahang ditaklukkan.
Didalam taman ini terdapat bangunan kecil berbentuk lorong yang dikenal dengan nama Pinto Khop. Gerbang ini dahulunya merupakan pintu yang menghubungkan taman dengan istana.
Pinto Khop di taman Putroe Phang


6.       Blang Padang
Disini para wisatawan akan menemukan banyak sekali pedagang makanan ringan dan juga orang-orang yang berolahraga. Dilapangan yang luas ini juga merupakan salah satu tempat diadakannya acara-acara seperti konser, festival dan lain sebagainya. Beberapa hal lain yang menjadi hal paling menarik di Blang Padang menurut penulis adalah disini para wisatawan akan melihat berjejeran monumen untuk mengenang Tsunami seperti sebuah bangunan berbentuk ombak laut, dan juga monumen Thanks to word, yang didedikasikan untuk Negara-negara yang telah banyak membantu Aceh selama masa sulit pasca bencana Tsunami yang melanda aceh.
Satu lagi hal yang menarik di lapangan Blang Padang ini adalah adanya pajangan replika pesawat yang disumbangkan oleh rakyat Aceh untuk Indonesia, dan juga menjadi pesawat pertama yang dimiliki oleh Negara Indonesia.
Replika pesawat pertama Indonesia

7.       Mesium Perjuangan
Mesium perjuangan ini terletak tepat disamping Mesium Rumah Aceh, disini para wisatawan akan melihat beberapa benda seperti senjata-senjata yang dulunya digunakan selama masa perang sebelum masa kemerdekaan.



Benda Sejaran di Mesium Perjuangan

No comments:

Post a Comment